Wednesday, February 18, 2009

It won't last forever guys......



















....ia akan lenyap seperti bunga rumput.
Karena matahari terbit dengan panasnya yang terik dan melayukan rumput itu, sehingga gugurlah bunganya dan hilanglah semaraknya....

(Yakobus 1:10-11)




Tidak ada yang kekal di dunia ini. Semuanya fana dan akan hilang lenyap. Baru saja kita mengagumi keindahan bunga yang sedang bersemi di taman kita, maka beberapa hari kemudian, atau seminggu kemudian mulai menjadi layu. Dan perlahan tapi pasti, kecantikannya akan digerogoti oleh kekeringan. Dan mulai helai demi helai rontok satu persatu.



Ketika masih berwujud bunga yang semarak keindahannya, dengan senang hati pemiliknya menciumnya, atau menaruhnya di sebuah vas bunga.
Tapi ketika sudah menjadi layu, tidak ada seseorangpun yang rela menyimpannya, kecuali dipotong dan dibuang.




 Kehidupan manusia juga seperti gambaran bunga rumput itu. Teman-teman lihat foto gadis cantik ini? Luar biasa kecantikannnya, dan dunia memujanya.
Tapi seiring waktu yang berlalu, kecantikannya mulai memudar, keriput mulai datang, dan tubuh pun tidak selangsing dulu lagi. Dunia tidak memujanya seperti dulu lagi, dan perannya mulai digantikan dengan aktris lain yang lebih muda dan lebih cantik darinya.
Banyak yang stress dengan perubahan usia sehingga berusaha menundanya dengan berbagai cara. Mulai dari plastic surgery, mengkonsumsi vitamin dan  anti wrinkle cream.
Tapi itu hanya menunda, tidak bisa menghentikan penuaan.
Tidak bisa menghentikan waktu yang akan membawa semua kecantikan dan kegagahan fisik berlalu.

Sebab dunia seperti yang kita kenal sekarang akan berlalu.
(1 Korintus 7:31b)



SEMUANYA DENGAN CEPAT BERLALU


Dulu Pak Pos atau Mr. Postman adalah segalanya bagi orang yang sedang menantikan berita dari yang dikasihi. Sampai-sampai The Beatles menuliskan sebuah lagu dengan judul "Please, Mr. Postman".






Wait, oh yes wait a minute mister postman
Wait, wait mister postman

Mister postman look and see
If there's a letter in your bag for me
I been waiting such a long time
Since I heard from that girl of mine






Tapi coba tanyakan kepada anak-anak jaman sekarang. Mungkin mereka hampir tidak mengenal lagi yang namanya Mr.Postman. Sekarang kegiatan memberi kabar bisa langsung dalam hitungan detik sampai kepada yang dituju. Tinggal klik tombol di komputer, maka sampailah surat digital kepada penerimanya.
Nggak perlu repot-repot harus pergi ke kantor pos, beli amplop, kertas surat, dan perangko. Apalagi harus menunggu berhari-hari.

Semuanya serba paperless dan cepat.
Kini bayangan Mr.Postman dengan membawa tas selempang menaiki sepeda sudah tidak ada lagi. Berganti dengan motor, dan mungkin lebih dikenal sebagai kurir. Kelak mungkin tidak perlu tenaga manusia perantara lagi untuk menyampaikan berita. Dan lagu Mr. Postman hanya tinggal kenangan.


KECEPATAN BERLALU SEMAKIN TINGGI
Saya masih ingat dulu sewaktu papa saya bekerja di perkebunan sawit, untuk menelepon harus lewat operator. Baru kemudian muncul telepon yang tidak perlu operator. Sampai muncul lagi wireless phone. Saya jadi ingat ketika kami baru pertama kali punya wireless phone. Papa saya suka pamer kepada tamu-tamu yang belum kenal teknologi ini. Jadi kalau ada telephone untuk papa (ketika sedang menerima tamu), harus membawakan wireless itu kepadanya. Dan papa sangat menikmati wajah tamunya yang tercengang-cengang "kok bisa ngomong pake telephone yang nggak ada kabelnya yah?"
Tapi tahukah teman-teman bahwa untuk menemukan wireless phone ini membutuhkan waktu yang lama? Dan saat itu besarnya juga nggak tanggung-tanggung. Mungkin teman-teman ingat juga handphone edisi pertama yang begitu besar dan tebal?

Dan perlahan mulai semakin disempurnakan dengan bentuk dan berat yang lebih ideal. Dulu rasanya menggunakan sebuah tipe handphone lebih bertahan lama. Nggak seperti sekarang. Baru ganti, sudah muncul yang lebih baru lagi, yang lebih bagus lagi specs nya. Yang semakin lama semakin tipis dan ringan. Kecepatan menemukan teknologi baru semakin tinggi. Dan begitu yang baru ditemukan, yang lama menjadi usang. Sehingga nggak heran orang suka berganti-ganti handphone supaya bisa terus mengikuti trend.

Bumi seperti tidak berjarak bila Anda memiliki teknologi yang cukup.
Teman saya yang menyekolahkan anaknya ke Belanda, nangis darah ketika mengantar anaknya ke bandara. Setiap hari kerjanya menangis karena merasa rindu dengan anaknya. Tetapi ketika anaknya tiba di Belanda dan meperlihatkan apartemen, sekolahnya kepada mamanya dengan menggunakan webcam, tiba-tiba jarak Belanda-Jakarta menjadi dekat. Setiap hari mereka bisa berkomunikasi bertatapan muka. Tanpa perlu pergi ke Belanda, sang mama bisa mengetahui bagaimana situasi kamar anaknya, lingkungan sekolahnya, sehingga air mata berubah menjadi tawa. Dia mengatakan, dengan adanya webcam serasa anaknya ada di depan matanya. Serasa tidak pergi kemana-mana. Serasa sedang bersekolah di Jakarta.

Banyak sekali perubahan yang terjadi. FULL SPEED.


Dulu handphone hanya untuk berkomunikasi verbal, dan sms. Sekarang menjadi kebutuhan berinternet. Dunia tiba-tiba menjadi kecil, karena segala informasi sejagad raya bisa dengan cepat diperoleh berkat mesin pencari google yang sangat canggih. Dan THE NEWEST TREND...
apalagi kalau bukan FACEBOOK !!!

Rasanya semua orang yang tidak gaptek di Indo ini pasti telah mulai masuk dalam komunitas Facebook. Bahkan handphone juga mulai menjual spec 'Facebook Friendly'. PDAphone BlackBerry laris manis bak kacang goreng.
Bayangkan... kalau dulu PDAphone lazimnya digunakan orang kantoran, sekarang anak sekolahan aja sudah pake BB... dan selalu sibuk mengupdate status di facebooknya.
Kegiatan potret memotret juga semakin menjadi kebutuhan dengan alasan 'buat facebook gitu loh..' Undangan untuk event-event termasuk kebaktian juga mulai menggunakan facebook. Ahhha... bahkan ada temannya teman saya yang menyebar undangan pernikahannya lewat facebook.

Tapi seperti semua yang lain, facebook juga akan ikut berlalu. Sama seperti The Beatles dan lagunya 'Please, Mr.Postman' tidak dikenali lagi oleh generasi sekarang, maka kelak facebook juga tidak akan dikenali lagi oleh generasi berikutnya. Saat kita menjadi nenek atau kakek dan bertanya kepada cucu kita 'kamu ikutan facebook nggak?'

Dan mereka akan menjawab 'Apaan tuh facebook?'
Semua akan berlalu dengan kecepatan yang semakin tinggi.


Tidak hanya gadget, semua benda yang ada di bumi ini juga akan berlalu. Mau punya berapa tas branded, akan keluar lagi model yang baru, yang membuat yang sebelumnya menjadi pudar daya tariknya.








Punya baju satu lemari, tapi akan keluar terus mode terbaru yang membuat baju selemari seperti hilang pesonanya.

Sebab dunia seperti yang kita kenal sekarang akan berlalu.
(1 Korintus 7:31b)


Semuanya kan berlalu. Semuanya akan menjadi usang. Tidak ada satupun yang kekal. Jadi, apa dong yang kekal? Apa dong yang tidak akan berlalu?







Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataanKu tidak akan berlalu.

(Matius 24:35)







Satu-satunya yang kita lihat, yang kita konsumsi dimuka bumi ini yang tidak akan pernah berlalu adalah Firman Tuhan.
Kemajuan teknologi yang secepat apapun tidak akan pernah membuat Firman Tuhan menjadi usang.
Kemajuan teknologi hanya membuat penggunaan dan pembacaan Firman Tuhan menjadi lebih mudah. Misalnya dengan menggunakan PDA Bible atau Digital Bible. Tapi isinya tetap sama dengan yang termuat dalam Buku Alkitab, yaitu Firman Tuhan.
Seperti FirmanNya yang tidak berlalu, maka semua janji-janji Tuhan yang termuat dalam FirmanNya juga tidak akan berlalu.

supaya setiap orang yang percaya kepadaNya beroleh hidup yang kekal.
(Yohanes 3:15)


Oleh karena itu my friends, boleh-boleh saja mengikuti trend terkini, memiliki gadget terbaru, produk-produk terbaru, tapi jangan lupa baca Firman Tuhan. Karena diluar itu semua akan berlalu, tapi Firman yang kita baca dan imani tidak akan pernah berlalu.
Dan Firman yang kita percaya dalam nama Yesus Kristus itulah yang akan membawa kita kepada kehidupan yang kekal, yang tidak akan pernah berlalu. 

Kecepatan berlalu akan semakin tinggi , karena akan memenuhi penggenapan Firman Tuhan akan kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali.
Langit dan bumi akan lenyap, dan akan digantikan langit dan bumi yang baru yang kekal selama-lamanya.
Bila dunia yang kita kenal sekarang beserta segala isinya akan berlalu,
please, ..don't pay too much attention kepada hal-hal yang tidak kekal.
Mari kita lebih memberikan perhatian kita kepada FirmanNya.
Yang tidak akan pernah berlalu.



All Blessings,

Julita Manik.

No comments:

Post a Comment






Rainbow Pinwheel - Link Select