Friday, June 13, 2014

JALAN-JALAN KE MUSEUM BENDA ALKITAB
















Suasana liburan mulai terasa.
Sudah merencanakan tempat liburan ?
Yang berlibur hanya di Jakarta, tapi ingin menikmatti liburan bertema penyegaran iman, bisa ikuti kisah perjalanan Gereja Anak gbimenteng (my local church).
Siapa tahu ada yang tertarik....

Sudah pernah mendengar Museum Benda-benda Alkitab Yerushalayim?
Cikal bakal museum ini adalah Renungan Harian Manna Sorgawi.
Loh...kok bisa ??


Bermula dari penerbitan renungan harian yang mempunyai ciri khas selalu menampilkan gambar benda-benda yang disebutkan dalam Alkitab di 'inzet' cover depannya. Setelah berjalan 10 tahun, terbersit ide kenapa tidak menampilkan benda-benda Alkitab ini dalam sebuah museum supaya umat Kristiani bisa melihat secara langsung wujud fisik dari benda-benda tersebut. Dan berdirilah museum benda Alkitab pada Januari 2009, yang akan kami kunjungi di Sabtu siang yang cerah.




ROMBONGAN GEREJA ANAK gbimenteng


Dengan total rombongan anak 65 orang dan dewasa  25 orang,
semuanya antusias ingin mengunjungi museum yang konon memiliki benda-benda dan tanaman yang tertulis di Alkitab.
Saya juga ikutan karena kepengen tahu juga... kayak apa sih museumnya?



Sesampainya di museum yang berlokasi di Pondok Gading Sengon, Jl. Raya Rawa Sengon No. 35 RT 01/14, Kelapa Gading Barat, kami masih harus menunggu dulu sekitar 10-15 menit karena masih ada rombongan lain yang belum keluar dari museum (sangat disarankan untuk membuat appointment terlebih dulu sebelum pergi ke sana, supaya bisa terlayani dengan maksimal). Plus datang tepat waktu sesuai perjanjian.



HALAMAN: BERBAGAI TANAMAN


PINTU MASUK
Akhirnya.....
Masuk di halaman mueum disambut tulisan besar "SHALOM"
Langsung hati pikiran terasa adem ditengah udara yang sangat puanasss....
Oh ya, another suggestion: kalau datang berombongan, sebaiknya memakai atasan yang sewarna, supaya gampang menemukan anggotanya.




KAK RIBKA
Disambut dengan senyuman manis kak Ribka, yang akan meng-guide di area halaman dan lantai dasar.
Btw hari itu semua pegawai museum termasuk kak Ribka memakai kaos yang seragam. Berwarna hitam dan ada tulisan Ibrani nya.
Artinya: SHALOM.

Lanjut lagi, apa saja sih yang ada di halaman museum?

Ternyata di halaman, dipenuhi dengan tanaman-tanaman hidup (bukan fake loh) yang memang ada di sejarah Alkitab.


Penasaran sama tanaman yang sengaja ditanam di halaman museum???
Ini dia.....


POHON MAHKOTA DURI


POHON YUDAS
(pohon Yudas menggantung diri)



TANAMAN PAPYRUS
(bahan untuk membuat 

keranjang bayi Musa)


KERANJANG BAYI MUSA 
(di area indoor lantai 1)
(favorit anak-anak)















POHON ARA SEDANG BERBUAH
(jenis yang pernah dikutuk Tuhan Yesus)



BACK TO KAK RIBKA.

Kak Ribka dengan semangat memberi penjelasan tentang tanaman-tanaman tsb, sambil melemparkan beberapa pertanyaan kepada adik-adik yang mengikuti penjelasannya dengan antusias.
Too bad, speaker wireless micnya kak Ribka nggak terlalu keras volumenya. Jadi untuk rombongan 90 orang, kurang memadai, karena sayup-sayup saja terdengar.



FYI: semua anak kami bekali dengan buku catatan pribadi, karena selesai kunjungan ini akan diadakan quiz oleh Gereja Anak dengan aneka hadiah yang menarik....
Mana ada sih anak yang nggak demen sama hadiah ??
Makanya semuanya jadi serius mendengarkan penjelasan Kak Ribka sambil membuat catatan.


Lihat saja mimik wajah anak-anak berkaos merah yang semuanya mendadak serius.



BALITA JUGA BISA CIYUS

Yang pernah melayani anak-anak tahu persis betapa sulitnya membuat anak-anak tidak berisik selama 5 menit.
Tapi disini menjadi hal yang mudah.....
 (nggak perlu diempritttt lagi...hahaha...)

"TAK ADA ALAS, BAHU TEMANPUN JADI"

Masih banyak loh pohon-pohon lainnya, ... bisa liat selengkapnya DI SINI 


HALAMAN:  WAHANA KHUSUS

Selain tanaman, di area halaman juga banyak terdapat replika-replika benda Alkitab, seperti sumur Yakub, alat penampi, tempat pengirikan, rumah era Alkitab..., dll...
selengkapnya bisa klik  DI SINI   


TRUE WORSHIPPER AREA
SUMUR YAKUB
(tempat Yesus berbincang dengan perempuan Samaria)















TEMPAT PENGIRIKAN

ALAT PENAMPI

SELFIE DI RUMAH YAHUDI KUNO



RESTRICTED AREA 

Rumah Yahudi kuno menjadi salah satu spot favorit untuk selfie.
Di samping rumah ada tangga yang keberadaanya sangat kontras karena berdampingan dengan tembok yang dicat dengan warna biru terang.
Semangat selfie membuat semua pada pengen naik tangga dan berfoto di atas rumah Yahudi kuno.
Tiba-tiba kak Ribka berteriak..... "yang perempuan jangan naik... !?@%&#?!! ....  itu tempat khusus untuk laki-laki..!!!"
What..??? 
Why ... ???




TERNYATA INI DIA PENYEBABNYA .....













L O L .......
pantesan nggak boleh naik.....
spot buat lelaki merana...





FOTO BARENG JELANG MASUK RUANGAN INDOOR

GEREJA ANAK  - GBI MENTENG JAKARTA

Sebelum memasuki area indoor di lantai dasar, kami diajak berfoto bersama.
Ini kudu loh bros and sis'.
Karena menurut kak Ribka, semua rombongan yang mengunjungi museum akan ditampilkan fotonya diwebsite  MUSEUM BENDA ALKITAB 



AREA INDOOR: LANTAI 1




Brrrr.....dingiiiiinnn...
Cuaca panas di halaman berganti dengan hembusan AC yang sejuk sekali.
Ruangan lantai 1 ini tidak terlalu besar, ... langsung overflow dengan masuknya 90 orang rombongan dari gbimenteng.


Di depan pintu masuk ada etalase kaca berisi jenis-jenis perkamen.
Kak Ribka menjelaskan jenis-jenis perkamen tsb. Mata anak-anak mulai tidak fokus karena banyak sekali yang ingin dilihat di ruangan ini.
Ada aneka banner, dengan warna-warna cerah yang memenuhi dinding lantai 1.

Kelihatannya tidak ada bagian ruangan atau dinding yang dibiarkan kosong di dalam museum ini.
Semuanya menarik untuk dilihat.



Menuju ke lantai dua, terlihat miniatur rombongan unta dan 2 loh batu di dinding yang membuat mata pengunjung sibuk melihat..... jangan sampai ada bagian yang terlewatkan.

2 LOH BATU













AREA LANTAI 2
















Naik ke lantai 2. Ruangannya lebih luas.
Sebelum menjelajah ke berbagai tempat pajangan benda-benda Alkitab, pengunjung diajak untuk menonton DVD terlebih dahulu.
Sekilas saya melihat ada tayangan Daud mengalahkan Goliat dengan batu yang diumbankan ke dahi Goliat.

Rekan kak Ribka yang pria menjelaskan tentang pengumban dan cara menggunakannya.
Ketika ditanyalan "Ada yang mau mencoba???" ... wah animonya besar sekali.


LATIHAN MENGUMBAN

Banyak yang ingin mencoba.
Tapi ternyata nggak semudah yang dibayangkan.
Saya berpikir, berarti Daud tuh ahli banget memakai pengumban.
Latihannya nggak terhitung, menghalau singa dan beruang yang mengancam 2-3 ekor domba yang digembalakannya.



LATIHAN MENIUP SOFAR





"Adik-adik mau belajar tiup sofar...??"
Serentak semua berkata "Hiiiii...." maksudnya jijik... "kok bekas ditiup kakak ditawarkan ke kita-kita?"
Jangan kuatir temans.... bersih dan higienis kok... karena kakak guide sudah siap sedia dengan alkohol untuk membersikan mulut sofar...



Selesai menonton video, pengunjung dibagi dalam beberapa kelompok dan masing-masing diguide oleh seorang kakak yang berseragam sama dengan kak Ribka, untuk menjelaskan benda-benda Alkitab di dalam museum.


BAHTERA NUH
MINIATUR BAHTERA NUH
(favorit anak2)














ANEKA BINATANG
(favorit anak balita)


KUK















MINIATUR MENARA JAGA



PEDANG SALOMO
(kisah 2 ibu yang memperebutkan bayi)

IMAM




ALAT MUSIK ERA ALKITAB


















MAHKOTA DURI

PAKU PENYALIBAN





SEMUA BENDA ALKITAB DILENGKAPI DENGAN INFO

Masih banyak lagi benda-benda Alkitab lainnya.
Ada pedang Daud, berbagai macam sofar, mas, mur dan kemenyan, uang perak Yudas, dahan belang Yakub, biji sesawi, kacang Merah Yakub, model dewa Dagon, mahkota Ratu Esther, dll.
Dan semuanya dilengkapi dengan INFO TAG yang ditaruh di depan setiap benda Alkitab.
Kalau staf museum kecepetan ngomongnya, jangan kuatir nggak ngerti. Baca saja info yang diletakkan di depan benda-benda tsb. Dijamin ngerti dalam tempo sesingkat-singkatnya.

INFO UNTUK PEDANG SALOMO


GEMBALA









Di dada manekin gembala, digantung penjelasan tentang gada dan tongkat yang biasa digunakan para gembala.





ME & TIMUR TENGAH 'GUYS'



JANGAN PULANG DENGAN TANGAN HAMPA























Ada juga counter oleh-oleh (moms biasanya nangkring di sini...hehe)
Apa aja sih yang dijual ?
Aneka kaos bertuliskan huruf Ibrani, biji sesawi, buah ara, tefilin, mainan ala Yahudi, alat tulis, buku, poster, replika Bait Allah, sofar, aneka bibit minyak wangi, minyak zaitun, dll.
Selengkapnya lihat DI SINI 


Kelihatannya anak-anak sangat menikmati kunjungan ini.
Cerita Alkitab bulan lagi sekedar cerita ribuan tahun lalu, tapi sekarang mereka bisa lebih memvisualisasikan dalam benak mereka,
Semoga melalui kunjungan ini tujuan didirikannya Museum Benda Alkitab (mendekatkan umat Kristen kepada Alkitab serta membuat Alkitab menjadi lebih hidup) bisa tercapai.
Dan anak-anak (termasuk dewasa) semakin mengerti dan percaya kepada Firman Tuhan yang diajarkan kepada umat setiap hari Minggu.

Akhir kata sebelum meninggalkan tempat itu, kami berbagi kasih dengan memberikan sedikit kenang-kenangan kepada kakak-kakak di museum yang menjalankan tugasnya dengan sukacita.


SPECIAL GIFT untuk TEAM MUSEUM BENDA ALKITAB

Semoga cerita perjalanan ini menginspirasi. Dan selamat berlibur.....




All Blessings,


Julita Manik







Jam buka museum:
Senin-Jumat: 09.00-16.00 WIB (12.00-13.00 makan siang)
Sabtu: Khusus group dan dengan perjanjian.
Minggu & Hari Libur: Tutup



Contact Person:
Ribka 087878987257 
info@museumbendaalkitab.com 
Manna Sorgawi PIN Blackberry: 22479472


ALAMAT: 
Pondok Gading Sengon
Jl. Raya Rawa Sengon No. 35 RT 01/14
Kelapa Gading Barat
Jakarta Utara 14240
(021)43935346-47


BIAYA : FREE OF CHARGE

INFO SELENGKAPNYA klik DI SINI 







Baby Hello Kitty
Musical Harp