Friday, January 17, 2014

2014 RESOLUTION : THE 'W" PLAN

(image link)

Hai...hai....
Tidak terasa sudah sampai di tahun 2014. Time flies right?
Sudah buat resolusi untuk tahun ini? Masih Januari, belum telat kok bikin resolusi.
Banyak yang ogah bikin resolusi baru, karena tiap nulis resolusi di akhir tahun, hanya bertahan beberapa bulan saja menjalaninya.
Selanjutnya??? .......  tinggal sejarah.   Hiks...

Tapi saya 'keukeuh' loh dan insist meng-encourage teman-teman untuk membuat resolusi.
Kalau tidak ada goal, bisa-bisa tahun ini berlalu begitu saja. Hari-hari berlalu tanpa tujuan, persis seperti petinju yang sembarangan memukul.
Dan di akhir tahun kita menyesal dan berkata.... "seandainya...seandainya".

image link

Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul.
(1 Korintus 9:26)



Sejak tahun 2002 saya mulai membuat resolusi, dan paling nggak dalam kurun waktu 11 tahun jatuh bangun menjalaninya, sekarang saya thanks banget sama resolusi-resolusi yang pernah ditulis. Sangat menolong untuk sampai di tahap kehidupan yang sekarang saya jalani.
Tahun 2014 ini saya juga membuat resolusi. Share dikit boleh dong ya.....

HOW TO MAKE & KEEP NY's RESOLUTIONS?


THE 'W" PLAN     (baca Double U -plan)

Ahhh...masak sih mesti dikasih tau kalau bacanya double U ?
Hehe...bukan masalah bacanya friends, tapi maknanya.


(image link)
Double-U.
Berasa nggak sih... ada makna multiplikasi, increasing, promosi, next level....di dalam 2 kata itu.
Jujur... sepanjang kurun 2013 pelayanan keliling gereja demi gereja, rasanya Visi yang didengungkan mirip-mirip...
Kata-katanya aja yang beda tapi maknanya semua hampir mirip, multiplikasi, promosi, increasing, next level. dst dst.

Kok bisa gitu ya? ...yeaah ... karena itu hati Tuhan untuk gerejaNya, ter-DOUBLE.
Semua mengalami peningkatan, pendewasaan.

Jadi suggestion saya, untuk resolusi 2014 : the W plan.
Supaya kita bisa ter-double kan di akhir tahun.
Maksud saya bukan percomblangan loh.... tapi termultiplikasi, terpromosi, ter-increase, dst dst...


<image link>

  Untuk resolusi 2014 ada 4 W yang sangat penting:

           -What  
           -Why 
           -When 
           -Who


W yang pertama : WHAT

Apa sih yang paling prioritas untuk hidup teman-teman, then make resolution berdasarkan itu.
Kalau saya: proritas pertama hubungan dengan Tuhan, lanjut ke hubungan dalam keluarga,  kemudian pekerjaan dan terakhir pelayanan.
Bila urutannya tidak seperti itu, sudah banyak kesaksian loh, kehidupan yang porak poranda akibat prioritas yang salah.

1. HUBUNGAN DENGAN TUHAN

Buatlah resolusi yang semakin membuat hubungan kita semakin intim dengan Tuhan.

<image link>
a. LEBIH INTENSIF BACA FIRMAN TIAP HARI 
( ... nggak bolong-bolong lagi)

Mengapa tidak mulai mencoba buat resolusi tamat baca Alkitab di tahun 2014?
Saya seperti bisa membaca pikiran Anda  "....iiiihhh... mustahil..."
Percayalah...kata itu juga yang ada di benak saya waktu membuat resolusi di tahun 2002.

Hasilnya ? "Tidak ada yang mustahil !!!"
Tahun 2002-2012 saya sudah tamat 11 x baca Alkitab.
Tahun 2013 kumulatif tamat 13x baca Alkitab.
Loh kok bukan 12x?
Karena kalau kurun 2002-2012 resolusi saya dalam setahun tamat 1 Alkitab, di tahun 2013 saya buat resolusi tamat 2x baca Alkitab. Megap ??? Yes... tapi bisa juga kok terlewati.

Karena ingin ter-double, jadi di tahun 2014 saya bikin challenge untuk diri saya, tamat 3x baca Alkitab.
Masak bisa sih ? Pasti bisa. Karena  bukan kuat atau gagah, tapi oleh ROHKU kata Tuhan.

Hareee genee susah baca Alkitab ? Come on friends, dengan gadget yang Anda miliki saat ini, sangat memanjakan kita untuk baca Alkitab. Hp mau berlabel Androiid, iPhone, BB, belum lagi tablet iPad, dll, semuanya dimanjakan dengan Bible Apps.



Mau coba tamat baca Alkitab setahun ?
Boleh coba app nya YouVersionFree.
Dan bisa atur sendiri, mau yang program setahun selesai, atau 9 bulan, atau hanya Perjanjian Baru saja. Sangat variatif sekali loh. Plus tanggalan dan reminder. Jadi kalau bolong-bolong kita akan diremind untuk catch-up.


(thanks so muchhhh untuk yang punya ide membuat bible apps di gadget elektronik yang membuat kita-kita bisa baca Alkitab, anytime, anywhere.....)

b. LEBIH BANYAK LAGI AMBIL WAKTU UNTUK BERDOA
<image link>
Bangun fellowship dengan Tuhan.

Tuhan bilang kalau Ia menjawab LEBIH lebih dari apa yang kita doakan.

Jadi kalau mau ter-double. mulailah berdoa. Karena jawabannya "LEBIH".
Beyond your expectationTrust me.



c. LEBIH RAJIN LAGI DATANG IBADAH
(and nggak pakai telat yaaahh..)

<image link>
Saya membaca statistik di Amrik yang membuat hati miris. Ini hasil surveynya:
Bila Anda hidup 75 tahun maka :
3 tahun dihabiskan untuk pendidikan
7 tahun untuk makan
14 tahun untuk bekerja
5 tahun travelling dengan mobil, pesawat, dll
12 tahun untuk hobby, nonton TV, dll
.....
Asumsi, kalau setiap Minggu nggak pernah bolos ibadah (durasi 1 jam) sepanjang 75 tahun,
52 (hari minggu) x 1 (jam) x 75 (tahun) = 3.900 jam = 162, 5 hari = kira-kira 5,5 bulan.

Sepanjang 75 tahun bernafas, hanya 5,5 bulan !!! dipakai untuk beribadah.
Bandingkan dengan 12 tahun untuk self entertaintment.
Apalagi kalau masih bolos ibadah..... nangis dah baca hasilnya...


2. HUBUNGAN DENGAN KELUARGA

Keluarga adalah lembaga pertama yang tercatat di Alkitab. Means very very very important.
Mau karir setinggi apapun, kekayaan sehebat apapun, pelayanan sedahsyat apapun, kalau keluarga hancur, semua nggak ada artinya.

Di akhir jaman kasih manusia akan menjadi DINGIN.
Salah satu penyebabnya:  G-A-D-G-E-T. 

<image link>

Phisically kita sedang kumpul sama-sama, tapi hati nggak jelas ada dimana.
Semua addicted sama gadgetnya. Papa, mama, anak, sibuk pegang laptop, ipad, iphone, BB, game console, ck..ck..ck..
Sekarang dengan 1 gadget kita bisa sms, chat, skype, bahkan nonton movie kesukaan.
Gimana kasih nggak jadi dingin. TERISOLASI satu dengan lainnya.
One of resolution: BE UNPLUGGED, saat sedang berkumpul bersama keluarga.
Belajar lebih memperhatikan, bercanda, sharing life saat family time.
Ini nggak mudah, khususnya yang sudah addicted.
Tapi kalau mau mencoba, pasti bisa.


3. PEKERJAAN

Buat resolusi berdasarkan masalah personal Anda di tempat pekerjaan.
Misal selama 2013 selalu telat masuk kantor, buatlah resolusi untuk bangun lebih pagi supaya tidak kejebak macet, dan nggak telat lagi.

image link

Di artikel 10 Workplace Resolutions For Employees To Break In 2014, ada beberapa usulan resolusi based on personal crisis. Sangat menarik dan rasanya snagat 'kita' banget.
Diantaranya: "I'm going to put down my smartphone!".... hehe ini buat gue banget.


Twitter, Line, Kakao-talk, BBM, FB, instagram...memang distract kita  dan membuat otak jadi lemot ide-ide produktif, ... kesedot semua energi nya untuk chit-chat.

Saya juga mencoba untuk nggak utik-utik smartphone saya saat bekerja during 2013.
Alhasil ? Banyak teman-teman saya yang complain saya jadi out of reach.
Tapi nggak tau kenapa, saya kok merasa lebih berbahagia, karena merasa lebih profesional saat bekerja.


4. PELAYANAN

Kenapa pelayanan masuk list ?
Karena saya dan teman-teman tidak punya hak lagi hidup hanya untuk diri sendiri.

image link



Dan Kristus telah mati untuk semua orang, supaya mereka yang hidup, tidak lagi hidup untuk dirinya sendiri, tetapi untuk Dia, yang telah mati dan telah dibangkitkan untuk mereka.
(2 Korintus 5:15)





Mau pelayanan di bidang apa ya?
Tahukah teman-teman rumus di dunia pelayanan ?
Pengerja sedikit, tuaian banyaaaaakkkk.
Jadi kesediaan teman-teman untuk mulai terlibat melayani, sangat-sangat mendukung penuaian jiwa-jiwa yang letih, lesu, dan tidak bergembala.

Di bidang apa? Temukan kelebihan teman-teman, dan mulailah dari sana.
Bila Anda sangat mengetahui dunia IT, mutimedia sangat membutuhkan bantuan Anda.
Bila Anda ahli di bidang keuangan, pernah tidak terpikir memberikan konseling untuk keluarga-keluarga yang struggling memanage pemasukan dan pengeluaran tiap bulan ?

Saya pernah bertemu dengan seseorang yang pelayanannya membantu peternak yang sangat miskin, dari mulai perencanaan pembelian ternak, pengelolaan bisnis, pengeluaran bulanan, hingga peternak tersebut mampu mandiri dan mengembalikan pinjaman yang diberikan, untuk digunakan peternak lain yang membutuhkan. Pelayanan yang sangat mulia.

Ingin ter-DOUBLE di akhir 2014 ?
Mulailah membuat goal.
Dan lihatlah diri teman-teman yang berbeda di akhir 31 Desember, 2014.



All Blessings,


Julita Manik











Happy New Year