Friday, December 25, 2009

CHRISTMAS MESSAGE




"Glo...oooo...ooo...ria....in excelsis Deo" atau "Malam kudus....sunyi senyap" adalah lagu pujian yang menjadi lagu wajib di kebaktian-kebaktian Natal hampir semua denominasi gereja.
Natal membawa sukacita yang berlimpah, perayaan yang meriah, dan tidak hanya di rumah-rumah atau di gereja-gereja, di mal-mal pun dipasang pohon Natal dengan lampu kerlap kerlip yang semakin menyemarakkan suasana.

Gereja-gereja yang menyelenggarakan kebaktian Natal harus menambah jumlah kursi jemaat, karena hampir bisa dipastikan 100% bahwa kehadiran jemaat akan membludak.
Penuh sesak.
Gift natal yang akan dibagikan ke jemaat terpaksa harus ditambah melebihi jumlah jemaat yang biasa beribadah di hari Minggu.


MEGA JOY ALL OVER THE WORLD



Saya sudah melayani lebih 10 kali di kebaktian Natal yang berbeda-beda, gereja besar dan gereja kecil, dengan berbagai thema Natal yang klasik maupun funky, semuanya punya suasana yang sama....SUKACITA.
Natal memang tidak bisa dipisahkan dari sukacita.

Lebih 2000 tahun yang lalu, suasana sukacita yang melimpah terlebih dahulu dirasakan para gembala di padang dan orang Majus.

Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan di dekat mereka dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka dan mereka sangat ketakutan.
 Lalu kata malaikat itu kepada mereka (gembala di padang): "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: 
Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud. 


Setelah mendengar kata-kata raja itu, berangkatlah mereka (orang Majus). Dan lihatlah, bintang yang mereka lihat di Timur itu mendahului mereka hingga tiba dan berhenti di atas tempat, di mana Anak itu berada. 
Ketika mereka melihat bintang itu, sangat bersukacitalah mereka.
(Matius 2:9-10)


INILAH TANDANYA BAGIMU



Tanda pertama adalah bayi Yesus di palungan. Sosok bayi yang lemah.

Bukankah tanda ini kerap kita alami di hari-hari di hidup kita?
Sepertinya kita melihat Tuhan yang tidak berdaya untuk  menjawab doa kita? Sepertinya Tuhan kurang berkuasa melepaskan kita dari masalah kita? Sepertinya hingga kini kita tidak melihat tangan pertolonganNya?


THERE IS NO ROOM FOR YOU



Tanda yang kedua, Tuhan Yesus yang lahir di tempat yang sangat sederhana, tidak mendapat tempat di penginapan yang layak, "there is no room for them in the inn" (Luke 2:7/KJV)

THERE IS NO ROOM FOR YOU IN THIS CRUEL WORLD.

Nggak heran dengan maraknya upaya bunuh diri yang seolah-olah menjadi trend akhir-akhir ini di Jakarta.
Orang-orang yang sedang dilanda depresi, merasa tidak ada lagi tempat baginya di dunia ini.
Tidak ada lagi yang bisa diandalkan, tidak ada pengharapan, dan semuanya menjadi gelap.
 

FOCUS ON JESUS




But my friends, jangan lihat palungannya, jangan juga terpaku pada kandang dombanya.
FOCUS IN JESUS. BELIEVE IN JESUS.
Maka kita akan mengalami hidup yang berkemenangan untuk mengatasi segala kesulitan yang menghadang di tahun 2010.
Bagaimana mungkin?

Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: 
Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.
(Yesaya 9:5)

Empat nama yang disandang Yesus ketika dilahirkan ke dunia ini, sudah cukup bagi kita untuk menguatkan dan menolong kita mengarungi hidup yang penuh tantangan.

PENASIHAT AJAIB.    Ia berjanji akan memberi nasihat dan menunjukkan jalan yang harus kita tempuh, dan Ia tak pernah mengalihkan mataNya dari kita. Di dunia yang carut marut dan semrawut kita sangat perlu nasihat surgawi, dan Tuhan menyediakannya untuk kita.

ALLAH YANG PERKASA.   Yang selalu akan membela dan berperang untuk kita.
Apa lagi yang harus kita takutkan, bila Tuhan pencipta seluruh langit dan bumi berpihak kepada kita?

BAPA YANG KEKAL.   Tuhan Yesus berkata kalau kita bapa di dunia yang notabene jahat dan tidak sempurna ini saja tahu memberi yang baik kepada anak-anaknya, apalagi Bapa yang di surga?
"ASK and it will be given to you, SEEK and you will find, KNOCK and the door will be opened unto you."

RAJA DAMAI.   Damai sejahtera Tuhan yang melampaui segala akal akan memelihara hidup kita. Bahkan di dunia yang suram dan sulit. Kita tidak pernah akan kekuarangan damai karena kita memiliki Yesus.





So my friends.....jangan takut... jangan menyerah...
Jangan sampai kehilangan makna Natal.
Lebih 2000 tahun yang lalu, para gembala dan Majus juga melihat tanda yang sama.
Rasanya sulit untuk percaya apakah benar Yesus seorang Raja? Tapi mereka percaya dan mengalami kesukaan besar. Demikian hendaknya dengan kita semua.

Enjoy the Christmas day, receive the mega joy, and experience the 4 names of Jesus Christ, Wonderful Counselor, Almighty God, Everlasting Father, and Prince of Peace.

Merry Christmas.


All blessings,

Julita Manik

No comments:

Post a Comment






Rainbow Pinwheel - Link Select