Sunday, December 7, 2008

"Pictures Telling" (from Tegal P&W Night)

Badan Kerja Sama Gereja-Gereja sekota Tegal mengadakan Praise & Worship Night, dimana seluruh hasil dana yang terkumpulkan akan dipersembahkan kepada Panita Natal Bersama Gereja-Gereja seKota Tegal. Wah...ternyata orang Tegal suka kumpul bareng yah, unitynya kuat banget. Terbukti ini bukan pertama kalinya mereka mengadakan Natal bersama. Tapi buat saya ini pertama kalinya dapat kesempatan melayani di Tegal. Selama ini kalau perjalanan naik kereta api, hanya numpang lewat aja, tapi kali ini kudu mampir. Bersyukur banget bisa jadi bagian dari pelayanan untuk menyiapkan dana bagi Natal Gereja se-Tegal, dan kelak saya akan menemukan berbagai surprise di kota ini. So... lanjutkan bacanya yah...


Naik Kereta Api...tut..tut..tut
Tapi sekarang kereta api udah nggak pakai bunyi tut tut tut lagi nih.
Kebayang deh bingungnya anak-anak TK menyanyikan lagu ini.. hehe......
just kidding..
Berangkat dari Jakarta bersama Grace dari manajemen Harvest Music, Miki Idol (masih ingat kan, idol yang mewakili Papua jamannya Mike and Judika) yang ditemani managernya, dan Bobby & wife, Lia.


Semua surprise melihat Bobby bawa Lia. Bukan kenapa-kenapa, tapi Lia sedang hamil 7 bulan bo'..
Tapi tujuannya mulia lho, Bobby & Lia mau ketemu bapa rohani mereka yang tinggal di Brebes nggak jauh dari Tegal.



SUAMI TELADAN















Nyampe di Tegal semua tim diboyong ke Radio GAMA.
Disuguhin orange juice...hmmm...segar..

Kelihatan Bobby emang sayang banget sama Lia, bikin ngiri dah..
"Minum sayang..."
Semua kalimat untuk Lia ada ujungnya "........sayang..."
Pasti bukan karena Bobby penggemar berat bang Rinto Harahap yang setiap lirik lagunya pasti ada kata "sayang..." , juga bukan lip service, tapi emang bener-bener sayang loh. Pokoknya UUS. Apa tuh? Ujung Ujungnya Sayang.
Kabar gembira, udah disenter pakai scan 3D, anaknya laki-laki.
Bobby & Lia masih bingung mau milih nama yang mana. Ada 2 calon nama, bahasa Hebrew, dan 1 lagi bahasa Sansekerta. Mau ikutan voting? Haha...saya udah duluan...pilih yang Hebrew dong..


MACBOOK mania















Men always love gadget.
Liat aja tuh pada lagi ngerubungi Macbook nya Miki...
Ya ampun sampe segitu-gitunya guys. Hehe...semua lagi pada mengagumi feature-feature terkini. Bobby aja sampe pindah posisi, habis sayang-sayangan sama Lia, langsung ikutan nimbrung...


GAYA ORANG TEGAL
Radio kedua yang dikunjungi, Radio Swara Wacana (SW).
Orang Tegal ternyata punya gaya yang unik. Liat aja tuh Daniel, salah satu crew Radio SW, sambil tapping, nggak lupa making sign "V". "Maksudnya opo to mas?"




Oh ya, ga afdol kalo ke radio kalo ga bagi-bagi hadiah...ada CD ada kaset...
Selamat yah buat yang beruntung, yang belum dapat, silahkan mampir di toko buku rohani kesayangan Anda.. hehe..





WISATA KULINER
Ini nasi bakar khas Tegal. Enak banget loh. Baru liat penampilan luarnya aja udah semangat, apalagi waktu dicicipin...wah dahsyat. Malam itu sehabis dari Radio SW, diajak Friska dan Daniel lesehan, dan ternyata emang bener. Rasanya nggak bakal lupa deh. Agak beda dengan nasi bakar yang pernah saya makan di Jakarta, di sini nasinya dibakar terpisah dari lauknya. Dipadu dengan lauk ayam bakar khas Tegal, makin mantap. Biasanya saya nggak pernah makan malam, tapi hari itu lupakan semua dietary program. Nggak bakal nyesel deh. Dan jangan lupa habis makan, minum teh poci.
Hmmmm... segar banget. Hilang deh semua rasa capek seharian.
Besok pagi mau ceritain sama Miki dan Bobby aahh.., yang malam ini nggak ikutan makan. Wah, nyesel kalau pulang Jakarta nggak sempat rasain.


NGIDAM
Namanya lagi hamil, wajar dong ngidam.
Pengen makan sesuatu gitu. Ini salah satu surprise yang saya temukan. Lia itu ngidamnya bukan makan steak, batagor, atau makanan yang emang makanan, tapi... makan es.








Jadi setiap ke restoran, pasti pesen
ice cubes. Suatu ketika mas-masnya ngasi 1 mangkok gede es. Nah lo...
Eh...bener-bener dimakan lho. Kelihatannya Lia enjoy banget, mengunyah es seperti mengunyah permen. "Krauk...krauk.. krauk.. nyam..nyam..nyam.."
Kata Bobby "biar ntar kalo baby gue lahir...langsung cool...hehe..kan tiap hari dikasi es..."
Ya, ya, percaya deh...



"Mas...mas..pesen nasi rames dong.."


"Ya ampyun...salah mbak. Kami bukan mas-mas warung Tegal. Kami ini penyanyi lho... Masa ga liat sih ini yang di tangan bukan nampan tapi mic.. beneran mic lho mbak.."




Hehe..just kidding...habis waktu gladi resik, ketemu Bobby dan Gail
(ex vokalis Yovie and The Nuno) pake seragam hijau. Habis deh digodain...


TAMPANG APA ADANYA



Ini bener-bener ga ada polesan.
Gladi bersih masih pada pakai celana pendek, kecuali bang Sandro yang always tampil rapi..









Cek...cek...cek... 1..2..3..
Cek..cek..









THE TALENTED YOHANES
Surprise kali ini bener-bener membuat saya semakin 'on fire' untuk melayani Tuhan. I'm very blessed to meet this special person. A very very talented Yohanes. Seorang keyboardis yang ambil peran sebagai filler.


Yohanes punya handicap, he is blind. Tapi ketika jari-jarinya menyentuh keyboard, ia memainkannya lebih dari orang yang dapat melihat. Sangat piawai, dan terasa sekali emosinya mengalir di setiap dentingan keyboardnya. Wah... ngisi suara Hammond di rhythm R&B buaaaguss bangets.
Rasanya malu kalau kita yang bisa melihat nggak giving our best saat melayani Tuhan.. Yohanes sungguh jadi teladan.


Pisang Bakar.. oohh.. Pisang Bakar
Habis GR diajak makan siang. Mulanya saya dan Miki, iseng-iseng pesan pisang bakar untuk dessert. Masing-masing 1 porsi.Ternyata siang itu pisang bakar jadi primadona. Enak buanngeet. Mulai deh yang lain ikutan nyoba.

Alhasil... order lagi alias nambah sampai beberapa porsi. Ternyata Tegal itu surga kuliner juga yah.. Malah katanya pisang bakarnya ada yang pakai nangka segala, tapi nggak sempat nyobain.


Praise & Worship Night
Habis doa, semuanya sama-sama menuju hall tempat P&W diadakan. Semua team dari Jakarta menginap di Hotel Karlita.

P&W dimulai dengan Bobby. Masyarakat Kristiani Tegal sangat antusias sekali, semuanya ikutan nyanyi bareng Bobby, "Open the eyes of my heart Lord... open the eyes of my heart.. I want to see You.. "



The best part of Bobby, so pasti waktu menyanyikan "Bapa yang sempurna"




Bapa Yang Sempurna, Engkau tahu pasti bagaimana...mengasihi aku..mencintaiku.. mengerti hidupku.."
Yang belum tahu story Bobby mencari figur pengganti papanya yang sudah pulang ke rumah Bapa, silakan baca artikel : "Bapa Yang Sempurna" (the untold story of Bobby OW).
Oh ya, ada bocoran nih.. bentar lagi Bobby dengan groupnya One Way akan rilis album sekuler dengan thema lagu-lagu cinta yang positif. Waktu kami diwawancara di Radio Gama ada 1 pertanyaan menarik dari hostnya.
"Bobby menurut kamu apa definisi dari penyanyi rohani?"
Yang lebih menarik adalah jawaban Bobby, "menurut saya penyanyi rohani bukanlah sekedar penyanyi yang menyanyikan lagu rohani, tapi penyanyi yang hidupnya rohani".
Deep banget.. Jadi teman-teman nggak usah anti kalau ada penyanyi Gospel yang terjun ke sekuler yah, as long dengan hidup rohaninya bisa menjadi berkat bagi banyak orang. Setuju?? Kita dukung Bobby cs supaya albumnya bisa dapat platinum. Amen..amen..

Gail ngisi di kesempatan kedua. Ini pertama kali saya melihat dan mendengar Gail nyanyi. Wah... suaranya keren abis. Kalau Bobby nyanyi "Bapa Yang Sempurna", Gail nyanyi juga tentang kasih Bapa lewat lagu lawasnya Steven Curtis Chapman, gospel singer dari Amrik yang karya-karyanya jadi langganan Dove Award (semacam Grammy, tapi untuk kalangan Kristen).
Aduuuh... saya suka banget lagu ini (termasuk salah satu lagu wajib yang laris manis di wedding-wedding). Sampe merem-merem nih dengerin Gail sing this song.. 2 thumbs up.. Deep banget.. Seandainya teman-teman belum pernah dengar lagu ini, baca deh liriknya, pasti diberkati..
Ini beberapa kutipan syairnya..

Tomorrow morning if you wake up
and the sun does not appear
I will be here
If in the dark, we lose sight of love
Hold my hand, and have no fear
'Cause I will be here

I will be here
When you feel like being quiet
When you need to speak your mind
I will listen
And I will be here
When the laughter turns to cryin'
Through the winning, losing and trying
We'll be together
I will be here

Tomorrow morning, if you wake up
And the future is unclear
I will be here
Just as sure as seasons were made for change
Our lifetimes were made for these years
So I will be here

I will be here
And you can cry on my shoulder
When the mirror tells us we're older
I will hold you
And I will be here
To watch you grow in beauty
And tell you all the things you are to me
I will be here

I will be true to the promise I have made
To you and to the One who gave you to me

Tomorrow morning, if you wake up
And the sun does not appear
I will be here
Oh, I will be here


Saya nyanyi setelah Gail, tentunya dengan lagu "Indah Pada WaktuNya". Waktu share tentang kisah Solvy, ... again.. selalu kisah ini memberkati banyak orang. Thanks to God untuk seorang Solvy yang ketegarannya mengikut Tuhan, menguatkan setiap hati yang terluka.

STOP PRESS.
Solvy testi ini bukan hanya jadi berkat buat pengembara dunia virtual, tapi juga lebih meluas lagi ke dunia real. Sebuat majalah rohani mengutip kesaksian Solvy dari blog ini dan memuatnya pada terbitan sebulan yang lalu. Doa saya banyak orang yang terberkati dengan kebesaran dan ketegaran hati Solvy untuk melihat bahwa semua rencana Tuhan akan indah pada waktuNya.



Mumpung ada Bobby, nggak sah dong kalau ngga duet lagu terfavorit saya di album "Indah Pada WaktuNya". Apalagi kalau bukan "Temukan Dalam Hidupku".





Miki menyanyikan lagu "Bapa Yang Kekal".
Aneh ya.. antara pengisi acara nggak ada saling kontak waktu ngasih songslist ke panitia beberapa waktu sebelumnya, tapi hampir semuanya lagu-lagu yang dibawakan connect satu dengan yang lainnya. Bagus banget loh Miki nyanyinya. Yah.. pantes deh menyandang predikat Idol. Hatinya juga lembut. Improvisasinya juga pas, nggak kebanyakan, yang kadang-kadang tanpa disadari penyanyinya membuat lagu menjadi meaningless.

Karena satu dan lain hal, Gaby Idol dan Bpk Frans Sisir berhalangan datang, sehingga acara malam itu ditutup dengan Sandro Tobing. Yang seumuran bang Sandro, pasti tau kalau dulu Sandro Tobing populer sekali sebagai penyanyi pop. Dan ternyata sampai sekarang kualitas suaranya masih terjaga, dan ternyata jago main keyboard. Wah.. audience semangat sekali.

Lia yang lagi hamil aja serasa nggak hamil, ikutan jingkrak-jingkrak bergembira dalam hadirat Tuhan. Pasti ntar anaknya ikutan bapaknya jadi penyanyi.. hehe..






Pokoknya se-hall full of joy. Dan kehadiran juga full house loh.










Latihan aja Yohanes udah sangat semangat, waktu acara P&W lebih-lebih lagi. Belum pernah liat keyboardis yang secrazy Yohanes. Kalau bisa diangkat, udah diangkat deh itu keyboard sambil main. Dahsyat kan..





Setelah semuanya nyanyi, baru all artists ke stage nyanyi bareng-bareng, dan diakhiri dengan doa bersama. Sungguh acara yang berkesan. Lain ladang lain belalang. Kemanapun pergi melayani, lagu boleh sama, tapi kesan yang didapat selalu berbeda-beda. God bless Tegal. God bless Indonesia.



BB mania
Dahsyatnya demam BB.
FYI (yang belum ngeh..): BB adalah inisial kesayangan untuk BlackBerry. Ternyata bukan hanya melanda Jakarta. I'm surprised. Di Tegal juga lho. Malam sehabis acara PW night, Bobby dan Miki yang masih penasaran makan nasi bakar pergi bersama beberapa panitia inti.
Wah...rata-rata panitia punya BB bo'.

Autis deh.. autis..
Maksudnya.. BBmania ini rata-rata seperti punya dunia sendiri. Kalau sudah mainin BB nya jadi lupa segalanya. Siap-siap aja dicuekin kalau duduk dekat para BBmania. Liat aja nih di photo. Lagi pada asyik...


Handphone yang muuaahaal, tapi kalau di Jakarta sudah bagaikan HP sejuta umat.
Ehh.. ternyata di Tegal juga. Rata-rata pakenya bukan yang Curve lagi, tapi Bold bo'...




Bobby interest banget sampe duduknya miring gitu..






BALIK JAKARTA
Rame-rame naik Cirebon Express lagi.
Ungkapan kalau nggak ada Bobby nggak rame.. itu bener banget. Selama ada Bobby perjalanan 4 jam serasa 1 jam. Penuh dengan joke-joke yang lucunya minta ampun. Saya juga bingung, kok Bobby bisa hafal semua jokenya ya? Dan ternyata kali ini Bobby ketemu tandingan. Siapa? Haha.. Miki Idol. Kan jokenya Bobby kebanyakan joke ala Papua, nah kali ini ketemu pakarnya.
Native lagi.. haha..
Ternyata menurut Miki, di Papua ada kebiasaan rame-rame kumpul dan saling adu joke (istilah Papua 'mop'). Seru banget liat Bobby dan Miki adu mop. Liat aja tuh duduknya Bobby. Bahasa tubuhnya menunjukkan makin lama makin seru nih adu mop nya. Dan akhirnya.. saat makin seru, Miki yang duduk 1 layer di belakang Bobby, pindah ke depan, sambil jongkok lagi. Yang lain, hanya bisa...hua...ha..ha..






"Gua punya mop yang lebih lucu lagi neeh.."






Akhirnya nyampe di Jakarta. Doa kami acara Natalnya sukses membawa banyak jiwa ke Tuhan Yesus. Ini masa krisis, semoga banyak yang mendapatkan pengharapan baru. Karena hanya dalam Yesus ada jawaban.
Sekali lagi God bless Tegal.

P.S. Oh ya the last surprise, ternyata di Tegal nggak ada Warteg alias Warung Tegal. Hehe.. adanya hanya di Jakarta kali ya...


All blessings,

Julita Manik





Rainbow Pinwheel - Link Select