Thursday, December 30, 2010

GOD IS GOOD ALL THE TIME. (Sayonara 2010)



Ada banyak pujian yang mengatakan "Tuhan baik", "God is good" yang kerap dinyanyikan umat Kristiani. Dan biasanya ada gayanya. Thumbs up. 
Jempol dinaikkan ke atas tiap kali mengatakan "Yesus baik".
Pertanda kalau Tuhan Yesus itu OK banget, baik banget, TOP BGT dah pokoknya. Dan nggak ada lain yang seperti Dia.

Siapa yang memprakarsai gerakan thumbs up untuk menyatakan Tuhan baik.... nggak jelas. Tapi bagi saya pribadi, saya belajar gerakan ini pertama kali lewat pak Vetry Kumaseh. Kalau belum pake gaya jempol ke atas, beliau pasti belum puas. Sekarang jadi seperti gaya wajib, biar bukan pak Vetry yang leading worship, jemaat sudah pasti ngacungin jempol tiap kali menyanyikan Tuhan  baik.

Sebagai worshipper kita sama-sama tahu kalau menyanyi dengan diiringi body language membuat makna lagu terasa semakin dalam.
Mengatakan "I LOVE YOU" ke Tuhan sambil menyentuh jantung, menyanyikan "Haleluya" sambil mengangkat tangan ke atas, mengangkat tangan
tinggi-tinggi saat menyanyikan "Glorify Thy Name", bow down saat berkata  "I worship You"  membuat PW yang kita naikkan menjadi terasa lebih deep.


GOD IS GOOD. Yes !   ALL THE TIME. Yes! Yes! Yes!
(even when I am at the lowest level of my life)



Pernah nggak teman-teman renungkan makna thumbs up saat kita mengatakan "Tuhan itu baik"?
Artinya deep banget loh... Benar-benar menggambarkan bahwa kebaikan Tuhan itu timeless. Tidak dibatasi oleh musim, kondisi, dan waktu.
Setiap saat Dia baik.

Sebagai perbandingan...... Seringkali kalau kita mengatakan Tuhan itu Pemenang, Maha Kuasa, Maha Hebat, apa body language kita? Bukankah tangan yang diangkat ke atas dengan jari-jari yang dikepalkan?

Sementara untuk menyatakan Tuhan baik, gayanya beti, beda tipis.
Tangan sama-sama diangkat ke atas, dengan jari-jari yang juga dikepalkan. Perbedaannya ada satu jari yang nggak ikut terkepal, tapi mengarah ke atas, yaitu jari jempol.
Artinya, gaya ini setingkat lebih tinggi dari saat kita mengatakan Tuhan itu hebat, perkasa dsb. Kenapa?

Mungkin kita sedang dalam keadaan tidak melihat kehebatan, dan keperkasaan Tuhan, mungkin kita sedang mengalami sesuatu yang nggak enak dalam hidup ini, mungkin kita belum melihat hasil nyata Tuhan menolong kita, tapi saat kita bisa berkata Tuhan baik di atas segala yang kita alami itu membutuhkan iman yang lebih besar daripada melihat kehebatan Tuhan saja baru bisa berkata Tuhan baik.

"Following Him when your is breaking is greater faith than praising Him when your heart is singing" (Rick Warren) 



"Don't know why, but God always seems to be an 11:59 type Guy"



Semakin dewasa dalam Tuhan kita semakin sering menemukan kenyataan, kok sepertinya Tuhan meninggalkan kita, sepertinya Tuhan nggak sayang sama kita, sepertinya Tuhan tidak menolong kita...
Tapi Tuhan berjanji Dia tidak pernah meninggalkan kita, Dia selalu agape sama kita, dan pertolonganNya tidak pernah terlambat.
Walaupun sepertinya sudah terlambat.... tapi Tuhan janji tidak akan pernah terlambat. Dan Tuhan bukan seperti manusia yang bisa mengingkari janjinya.

Be still, and know that I am God. (Psalm 46:10)
Bagian kita tetap tinggal tenang, and keep saying "God is good all the time"

My testi.
Saya sudah sering bersaksi bahwa album pertama saya released sesudah
17 tahun saya berkarya sebagai songwriter. Dalam kurun waktu itu, saya sering tergoda untuk berpikir Tuhan nggak sayang sama saya, Tuhan ingkar terhadap janjiNya, Tuhan terlambat menjawab saya. Benar-benar Tuhan seperti 11:59 type guy.

Ketika album pertama saya keluar tahun 2006, saya masih berpikir semuanya sudah terlambat.
Sekarang ???? Apakah saya masih berpikir seperti itu ???
Saya mau bilang ke teman-teman semua, kalau saya disodorkan 2 pilihan dan  bebas memilih pilihan pertama "mau cepat release albumnya?" atau pilihan kedua "mesti menunggu 17 tahun baru bisa release?" Maka saya akan memilih yang kedua kalau itu dalam rancangan Tuhan.
Sekarang kemanapun Tuhan suruh saya pergi melayani, saya melihat pengalaman menanti 17 tahun dan tetap percaya "Tuhan itu baik" benar-benar memberkati orang-orang yang saya layani.



WELCOME 2011. 
(I know God is still good in 365 days ahead)





Sebentar lagi kita akan masuk dalam 2011. Time flyes...right ???
Banyak yang sudah terjadi dalam tahun yang sebentar lagi berlalu.
Ada mimpi-mimpi yang belum tergenapi, doa yang belum terjawab, target yang belum tercapai, pencobaan yang belum berakhir. Tetaplah berkata Tuhan itu baik. Bahkan di atas keadaan sepertinya kita tidak  melihat kebaikan Tuhan..... tetaplah berkata Tuhan itu baik.

Roma 8:28 masih berlaku....
Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.





Di penghujung tahun banyak keluarga yang berkumpul, berdoa bersama menutup tahun dan celebrate tahun yang baru.
Ini saat yang paling tepat untuk mengakhiri 2010 dengan ucapan syukur "Tuhan baik"

"Tuhan aku berkata Engkau baik saat Engkau membuka jalan di tahun 2010, dan aku tetap akan berkata Engkau baik untuk jalanku yang Engkau tutup...

Tuhan aku berkata Engkau baik untuk anggota keluarga baru yang Engkau tambahkan, dan aku tetap berkata Engkau baik atas anggota keluarga kami yang Engkau panggil pulang tahun ini...

Tuhan aku berkata Engkau baik untuk semua doaku yang Engkau jawab, dan aku tetap berkata Engkau baik atas doaku yang belum dijawab....

Tuhan aku berkata Engkau baik untuk semua kemenangan di tahun ini, dan aku tetap berkata Engkau baik untuk semua pencobaan yang Engkau ijinkan dan masih belum berakhir....

Tuhan aku berkata Engkau baik untuk semua tawa di tahun 2010, dan aku tetap berkata Engkau baik untuk semua air mata sepanjang tahun ini.....

For God is good..... All the time



All blessings,

Julita Manik

No comments:

Post a Comment






Rainbow Pinwheel - Link Select